Pengendalian Vektor Hama Patogen dan Virus pada Sektor Pertanian di Desa Reco


Desa Reco, yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah dikenal sebagai daerah yang menghasilkan komoditas tembakau yang berkualitas. Pertanian tembakau telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat di Desa Reco selama bertahun-tahun. Tanah yang subur dan kondisi iklim yang sesuai telah menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan tembakau yang berkualitas tinggi. Proses penanaman, perawatan, dan panen tembakau di Desa Reco dilakukan dengan penuh dedikasi dan pengetahuan yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Hasil tembakau dari Desa Reco tidak hanya memenuhi permintaan lokal, tetapi juga memiliki reputasi yang mengesankan di tingkat regional karena kualitasnya yang unggul. Tidak hanya tembakau, komoditas lain seperti cabai, kembang kol, kubis, hingga kopi juga diunggulkan. Namun, penting bagi masyarakat Desa Reco untuk terus mengkaji kualitas serta pemeliharaan dari tanaman tembakau tersebut lantaran serangan hama dan virus yang dapat mempengaruhi kualitas hasil panen tersebut kapan saja.

Menjaga tanaman dari hama dan virus memiliki peranan krusial dalam menjaga produktivitas dan kesehatan pertanian. Hama seperti serangga pengganggu dan penyakit virus memiliki potensi untuk merusak tanaman secara signifikan, mengurangi hasil panen, dan bahkan mengancam keberlangsungan pasokan pangan. Upaya pencegahan serta pengendalian hama dan virus tidak hanya melibatkan penggunaan pestisida yang bijaksana, tetapi juga pendekatan berkelanjutan seperti pengenalan predator alami hama, praktik rotasi tanaman, dan pemilihan varietas yang tahan terhadap penyakit. Dengan menjaga kesehatan tanaman dari serangan hama dan virus, para petani dapat memastikan kelangsungan produksi pertanian yang stabil, berkontribusi pada keamanan pangan global, serta menjaga ekosistem pertanian yang seimbang dan lestari.

Hadirnya KKN-UGM di Desa Reco ini memiliki concern yang tidak lepas dari sektor pertanian. Salah satu program dari mahasiswa adalah melakukan analisis vector hama dan virus pada tanaman hasil tani seperti tembakau, kubis, dan cabai. Adanya hama dan virus tersebut tidak lain karena factor iklim dan cuaca serta ketidakstabilan ekologi pada tanah lahan pertanian. Virus dan penyakit yang umum ditemui pada lahan pertanian di Desa Reco antara lain TMV, TLCV, Patik, dan Akar Gada. Setelah dilakukan analisis tersebut, mahasiswa KKN-UGM melakukan sosialisasi terkait virus dan penyakit tersebut pada kelompok – kelompok tani di Desa Reco.

Penanganan penyakit-penyakit tanaman seperti Tobacco Mosaic Virus (TMV), Tomato Leaf Curl Virus (TLCV), Patik, dan Akar Gada merupakan langkah kritis dalam menjaga kesehatan pertanian. Penyakit-penyakit ini dapat menyebabkan kerugian yang signifikan dalam hasil panen dan kualitas tanaman. Pendekatan pencegahan melalui penggunaan varietas tanaman yang tahan terhadap penyakit, sanitasi yang baik, dan pemantauan rutin merupakan strategi penting dalam mengendalikan penyebaran penyakit-penyakit ini. Selain itu, penggunaan teknik budidaya yang tepat dan pengelolaan lingkungan juga memiliki peranan penting dalam melindungi tanaman dari serangan penyakit-penyakit tersebut, sehingga mendukung produktivitas pertanian yang berkelanjutan.


Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 085292077070
Email:  -
Website: https://reco-kertek.wonosobokab.go.id

JALAN SINDORO SUMBING KM8 RECO KERTEK WONOSOBO