Membangun Hidup Sehat Bersama KKN PPM UGM dan Masyarakat Usia Lanjut Desa Reco Melalui Pencegahan Hipertensi


Desa Reco, Kec. Kertek (6/7/2023)

 

Bangun Kesadaran Hidup Sehat

Sistem kesehatan menjadi salah satu aspek yang memegang peran besar dalam kehidupan manusia, terutama bagi masyarakat usia lanjut. Salah satu masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh kelompok usia ini yaitu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius jika tidak ditangani dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini, KKN PPM UGM ikut berperan aktif dalam membantu masyarakat Desa Reco dalam meningkatkan lingkungan yang lebih sehat dan sadar akan pentingnya pencegahan penyakit tidak menular.

Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan memberikan informasi pengenalan umum penyakit hipertensi,  faktor-faktor risiko yang menyebabkan penyakit hipertensi , serta cara-cara pencegahan yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat Desa Reco diajarkan tentang pentingnya olahraga teratur, mengurangi konsumsi garam dan makanan tinggi lemak, serta pentingnya mengatur stres dan tidur yang cukup. Dengan mengenali pola hidup sehat, masyarakat diharapkan dapat mencegah tidak hanya hipertensi tetapi juga penyakit tidak menular lainnya.

Melalui sosialisasi dan pencegahan hipertensi, masyarakat usia lanjut di Desa Reco mulai meningkatkan kesadaran mereka tentang pentingnya hidup sehat. Beberapa anggota yang hadir telah mengadopsi perubahan gaya hidup yang lebih sehat, seperti mengurangi makanan berlemak, mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah-buahan, serta lebih aktif berolahraga. Dampak positif ini tidak hanya dirasakan oleh individu, tetapi juga oleh komunitas secara keseluruhan, karena tingkat kesehatan masyarakat menjadi lebih baik.


Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 085292077070
Email:  -
Website: https://reco-kertek.wonosobokab.go.id

JALAN SINDORO SUMBING KM8 RECO KERTEK WONOSOBO