Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Telemedisin untuk Akses Layanan Kesehatan Mental di Desa Reco


Perkembangan aplikasi telemedisin telah mengubah cara kita mengakses layanan kesehatan dan memberikan dampak positif pada industri medis. Telemedisin adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk menyediakan layanan kesehatan jarak jauh, yang memungkinkan pasien untuk berkomunikasi dengan tenaga medis secara virtual, tanpa harus datang ke fasilitas medis fisik.

Kemudahan yang dibawa oleh perkembangan aplikasi telemedisin tak terkecuali merambah dalam bidang akses layanan kesehatan mental. Akses layanan kesehatan mental selama ini menemui beberapa kendala di antaranya adalah stigma masyarakat, keterbatasan biaya, serta masalah akomodasi. Keberadaan layanan kesehatan mental yang dapat diakses secara online menawarkan kemudahan berupa privasi yang lebih terjamin, biaya akomodasi yang dapat ditekan, serta akses yang lebih mudah.

Menyikapi peluang dalam permasalahan tersebut, mahasiswi KKN PPM UGM Unit Kertek Tahun 2023 berinisiatif mengadakan sosialisasi pemanfaatan aplikasi telemedisin untuk akses layanan Kesehatan mental.

“Sosialisasi ini tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada para warga bahwa layanan kesehatan mental itu bisa diakses dengan lebih mudah. Dengan pemahaman tersebut, kami berharap bahwa warga lebih mudah dalam meraih kondisi mental yang sejahtera sehingga bisa meningkatkan produktivitas sehari-hari,” ujar Arsy selaku penanggung jawab program kerja ini.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai golongan umur masyarakat. Hal itu justru menjadi hal yang positif karena dengan dimengertinya kemudahan akses layanan kesehatan mental, kesejahteraan mental masyarakat justru semakin mudah tercapai mengingat kesejahteraan mental merupakan hasil erjasama antarberbagai pihak yang saling bersinggungan.


Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 085292077070
Email:  -
Website: https://reco-kertek.wonosobokab.go.id

JALAN SINDORO SUMBING KM8 RECO KERTEK WONOSOBO