Lebih Dekat dengan Uang


Uang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Sebagai medium pembayaran yang paling umum digunakan, perjalanan dan evolusi uang memiliki sejarah yang menarik. Pada artikel ini, akan dipaparkan terkait sejarah dan jenis-jenis uang di Indonesia.

 

Apa itu uang?

Uang merupakan bentuk alat tukar yang diakui oleh masyarakat dan digunakan untuk melakukan transaksi jual beli barang maupun jasa. Sebagai medium pembayaran, uang mempermudah pertukaran barang tanpa harus melibatkan sistem barter yang rumit.

 

Perkembangan dan jenis-jenis uang

Sebelum uang ditemukan, manusia melakukan barter untuk setiap kegiatan transaksinya. Barter adalah sistem pertukaran barang dan jasa antara dua pihak atau lebih tanpa menggunakan uang. Biasanya barang yang ditukarkan memiliki nilai yang dianggap sama. Namun, barter memiliki beberapa kelemahan seperti sulit menemukan pihak yang saling menginginkan untuk bertukar barang; sulit untuk mengukur nilai barang; serta sulit dalam menyimpan nilai barang.

 

Uang komoditas

Merupakan benda yang memiliki nilai sebagai media tukar. Biasanya berupa barang dasar yang dibutuhkan oleh banyak orang, misalnya kopi, garam, dan coklat. Kelemahan uang komoditas adalah mudah rusak sehingga tidak dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Uang primitif

Sistem uang primitif umumnya berdasarkan pada nilai intrinsik dari benda tersebut, seperti keunikan atau keindahan bahan yang digunakan. Uang primitif dapat berupa cangkang kerang, batu, ataupun gigi binatang.

 

Uang kartal

Uang kartal diterbitkan bank sentral dan digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Jenis uang ini terdiri dari uang kertas dan uang logam. Di Indonesia, uang logam dan uang kertas diterbitkan serta diedarkan oleh Bank Indonesia. Namun sayangnya, uang kertas memiliki kekurangan yaitu mudah rusak dan sobek.

 

Uang giral

Uang giral merupakan alat pembayaran berupa saldo yang diterbitkan oleh bank untuk melakukan transaksi. Contohnya dapat berupa cek, giro, kartu debit, dan kartu kredit.

 

Uang elektronik

Uang elektronik adalah alat pembayaran dalam bentuk elektronik, di mana nilai uang disimpan dalam media elektronik. Uang jenis ini dapat disimpan dalam bentuk chip ataupun aplikasi. Contohnya adalah e-wallet dan e-money

 


Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 085292077070
Email:  -
Website: https://reco-kertek.wonosobokab.go.id

JALAN SINDORO SUMBING KM8 RECO KERTEK WONOSOBO