Menjaga Bumi dengan Hemat Energi


Energi menjadi salah satu sumber daya yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Penggunaan energi yang efisien adalah langkah penting dalam menjaga keberlanjutan bumi dan menghadapi perubahan iklim. Hemat energi menjadi salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengurangi konsumsi energi tanpa mengorbankan kenyamanan atau produktivitas sehari-hari.

Saat ini, konsumsi energi sangat besar bahkan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan populasi dan perkembangan teknologi. Hal ini didorong oleh permintaan energi yang tinggi terutama untuk sektor industri, transportasi, dan kebutuhan rumah tangga. Penggunaan energi yang berlebihan memberikan dampak, baik dari sisi ekonomi maupun lingkungan. Dari sisi ekonomi, penggunaan energi berlebih akan meningkatkan biaya konsumsi energi. Hal ini kemudian dapat mengakibatkan kenaikan biaya produksi. Selain itu karena pasokan energi cenderung terbatas, penggunaan energi berlebih akan menyebabkan kenaikan harga energi. Kemudian dari segi lingkungan, penggunaan energi yang berlebihan dapat memberikan efek berupa pemanasan global, polusi udara, hingga perubahan iklim.

Menanggapi kondisi tersebut, Tim KKN-PPM UGM Kertek 2023 mengadakan edukasi kepada siswa SD Negeri 1 Reco terkait hemat energi. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya untuk menghemat energi sekaligus menjaga keberlanjutan lingkungan. Edukasi dikemas menggunakan poster dan leaflet yang berisi tentang ajakan untuk menghemat energi. Langkah-langkah sederhana seperti mematikan keran air saat setelah digunakan, menggunakan alat elektronik hemat energi, dan menggunakan transportasi umum dapat membantu upaya penghematan energi.

 


Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 085292077070
Email:  -
Website: https://reco-kertek.wonosobokab.go.id

JALAN SINDORO SUMBING KM8 RECO KERTEK WONOSOBO