Pemeriksaan Kesehatan Hewan Bersama Dinas Peternakan Wonosobo


Oleh: Muthiah Yunia Zahrani

Dengan adanya kerja sama antara Tim KKN UGM Kertek dan Dinas Peternakan, pada hari Selasa, 18 Juli 2023 telah berlangsung berbagai program kerja yang berkaitan dengan pemeriksaan kesehatan hewan. Kegiatan ini ditujukan kepada para peternak di Desa Reco dengan harapan agar masyarakat dapat lebih aware mengenai kesehatan ternaknya.

Program kerja yang dilaksanakan meliputi:

  1. Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) : Vaksinasi bertujuan sebagai upaya pencegahan, membentuk kekebalan, dan mencegah penularan antar hewan ternak terhadap virus PMK.
  2. Injeksi vitamin ke ternak : Bertujuan untuk meningkatkan imunitas, nafsu makan ternak, serta membantu mempercepat kesembuhan apabila ternak tersebut sedang sakit.
  3. Pemberian obat cacing ke ternak : Langkah ini perlu pengulangan dan sebaiknya diberikan rutin 3 bulan sekali ke ternak. Tujuannya untuk mencegah infeksi cacingan yang dapat merugikan peternak.
  4. Pemeriksaan kehamilan atau USG ternak : Bertujuan untuk mengetahui jumlah, kondisi, ataupun hari perkiraan lahir hewan ternak.

Pihak dinas mendukung secara penuh kegiatan ini karena virus PMK masih merajalela dan hewan-hewan ternak di Desa Reco belum pernah divaksin. Saat pelaksanaan, tim KKN UGM dari prodi Kedokteran Hewan ikut membantu dalam penginjeksian vitamin dan vaksin PMK (di bawah pengawasan dokter hewan dinas). Masyarakat sangat antusias dari adanya kegiatan ini dan saat pelaksaan turut membantu dalam handling atau memegangi hewan ternak mereka sewaktu pemeriksaan dilakukan.


Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 085292077070
Email:  -
Website: https://reco-kertek.wonosobokab.go.id

JALAN SINDORO SUMBING KM8 RECO KERTEK WONOSOBO