Pengemasan dan Pemasaran Pupuk sebagai Strategi Meningkatkan Pemanfaatan Kotoran Hewan Ternak


Pertanian berkelanjutan menjadi semakin penting dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan dan memastikan ketahanan pangan di masa depan. Salah satu aspek penting dari pertanian berkelanjutan adalah penggunaan pupuk organik yang ramah lingkungan. Salah satu sumber pupuk organik yang melimpah adalah kotoran hewan ternak. Memanfaatkan kotoran ternak sebagai pupuk organik memiliki banyak manfaat bagi pertanian dan lingkungan secara keseluruhan.

Sebagian masyarakat di Dusun Anggrunggondok menjalankan aktivitas budidaya hewan ternak. Masyarakat telah memanfaatkan kotoran hewan ternak untuk menjadi pupuk tanaman. Namun sayangnya, pupuk belum memiliki jaringan pemasaran sehingga pemanfaatan pupuk masih terbatas pada masyarakat sekitar.

Melihat keadaan tersebut, Tim KKN-PPM UGM Kertek 2023 melakukan sosialisasi pengemasan dan pemasaran pupuk dari kotoran hewan ternak kepada Paguyuban Berkah Jaya Abadi. Dalam sosialisasi tersebut, dijelaskan mengenai teknik pengemasan pupuk. Terkait dengan pengemasan, beberapa hal penting yang perlu diperhatikan adalah material kemasan, komposisi produk, petunjuk penggunaan, manfaat produk, tanggal kadaluarsa, ukuran produk, dan izin edar. Kemudian terkait dengan pemasaran produk, beberapa saluran pemasaran yang dapat digunakan adalah melalui penjualan langsung, penjualan dengan jaringan distributor, dan e-market.


Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 085292077070
Email:  -
Website: https://reco-kertek.wonosobokab.go.id

JALAN SINDORO SUMBING KM8 RECO KERTEK WONOSOBO